Magelang (Sabtu, 11/11/17)  Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Pelayanan Publik dengan tema “Peningkatan Karakter Tim Kerja Aparatur atau Pegawai Bidang Pelayanan Publik” yang diselengarakan pada tanggal 10 – 11 November 2017 dengan lokasi di Magelang yang memiliki sarana outbond yang lengkap dan memadai. Peserta berangkat dari Pacitan pukul 14.30 dan tiba di Jogja pukul 18.30 langsung menuju penginapan di Jogja.

Mengawali kegiatan ini, Bapak pimpinan memberikan pengarahan bahwa tugas kita sebagai pemberi pelayanan publik bidang perizinan yang memiliki motto “Mudah Cepat Transparan” menjadi komitmen kita bersama sebagai tim pelayanan yang memiliki peran masing – masing. Sekecil apapun peran dari anggota tim memiliki arti yang besar dalam mendukung kesuksesan organisasi.

Selanjutnya peserta mengikuti kegiatan outbond team building game di Adventure Resto Orang Utan Magelang. Kegiatan ini bertujuan untuk me-refresh kembali diri dari kejenuhan bekerja, mengembangkan team building dalam kelompok, membangun budaya organisasi yang menyenangkan, mengembangkan jiwa leadership, dan sebagai sarana pengembangan diri. Kegiatan outbond selesai pukul 10.00 kemudian peserta bersiap-siap menuju Sungai Progo untuk mengikuti rafting sampai dengan pukul 13.00.

Rafting atau arum jeram merupakan salah satu analogi untuk pentingnya sebuah kerja sama tim. Dalam program rafting telah disediakan beberapa perlengkapan dan peralatan dengan standar keselamatan. Adapun perlengkapan dan peralatan tersebut yaitu helm, live jacket dan dayung. Pengarahan secara teknis terlebih dahulu diberikan oleh pemandu atau instuktur yang telah berpengalaman. Secara tidak sadar, pada program rafting ini, peserta juga telah melakukan kegiatan team building, dimana kepemimpinan, kekompakan atau kerjasama team, dan motivasi adalah dasar utama untuk rafting. Kepemimpinan yaitu menerima perintah dari pemandu atau instruktur untuk didayung kedepan, ke belakang, dayung kiri dan kanan. Untuk analogi kekompakan dan kerjasama team yaitu peserta harus melakukan bersama-sama, tanpa terkecuali, dan motivasi yang terjadi adalah bersemangat agar setiap rintanngan dan tantangan yang terjadi sepanjang jalur rafting dapat dilewati dengan baik.