Mekanisme Pengaduan

 

PELAYANAN INFORMASI DAN PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT

 

  1. Pelayanan Informasi :
  1. Loket Informasi
  2. Papan Pengumuman
  3. Leaflet
  4. Booklet
  5. Buku Pedoman

 

  1. Prosedur Pelayanan Pengaduan :
  1. Penerimaan Pengaduan Masyarakat.
  2. Pencatatan Pengaduan, meliputi Data surat pengaduan, Identitas pelapor, Identitas terlapor, dan Lokasi kasus.
  3. Merumuskan inti masalah yang diadukan.
  4. Menghubungkan materi pengaduan dengan peraturan yang relevan.
  5. Memeriksa dokumen dan/atau informasi yang pernah ada dalam kaitannya dengan materi pengaduan yang baru diterima.
  6. Merumuskan rencana penanganan atau langkah-langkah yang diperlukan, seperti : klasifikasi (pengelompokan berdasarkan kode jenis masalah), konfirmasi, penelitian atau pemeriksaan, investigasi untuk membuktikan kebenaran materi pengaduan.
  7. Meneruskan pengaduan tersebut kepada unit/instansi yang berwenang melakukan penanganan, tindakan korektif dan tindakan hukum lainnya sesuai dengan kedudukan, tugas pokok, fungsi dan kewenangannya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Apabila hasil pemeriksaan pengaduan dari pelapor tidak terbukti kebenarannya, maka pimpinan instansi atau pejabat yang diberi wewenang, menyampaikan informasi tersebut kepada pelapor.
  9. Apabila hasil pemeriksaan mengandung kebenaran, maka pimpinan instansi atau pejabat yang diberi wewenang segera mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  10. Jawaban atas aduan/keluhan masyarakat paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya aduan.